Mengganti Tampilan Cursor Saat Meload Data di VB.Net.

Mengganti Tampilan Cursor Saat Meload Data di VB.Net - Pernahkah Anda membuat sebuah system dimana salah satu modul di system tersebut harus meload data yang jumlahnya sangat banyak. Secara default biasanya saat sistem meload data yang banyak tersebut cursor mouse tetap berbentuk panah dan bukannya berubah menjadi lingkaran yang berputar yang menunjukan bahwa sistem tersebut masih memproses data.

Nah pada kesempatan kali ini blog virdane.blogspot.com akan sharing bagaimana merubah bentuk cursor mouse menjadi seperti loading pada saat sistem memproses data yang banyak.

Cara Mengganti Tampilan Cursor di VB. Net

Untuk merubah tampilan cursor mouse di vb.net cukup menggunakan perintah System.Windows.Forms.Cursor.Current = Cursors.WaitCursor untuk merubah tampilan cursor menjadi seperti sedang loading dan juga perintah System.Windows.Forms.Cursor.Current = Cursors.Default untuk merubah tampilan cursor menjadi seperti sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda buat sebuah project di VB.Net lalu tambahkan sebuah button dan sebuah listView. Atur tampilannya seperti pada gambar dibawah ini :


Selanjutnya masukan perintah seperti berikut ini :

Public Class Form1

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Call hitung()

    End Sub

    Sub hitung()
        System.Windows.Forms.Cursor.Current = Cursors.WaitCursor
        Dim i As Integer
        i = 1
        Do While i < 10000
            ListBox1.Items.Add(i)
            i = i + 1
        Loop
        System.Windows.Forms.Cursor.Current = Cursors.Default
    End Sub

End Class

Selanjutnya coba jalankan project vb.net yang baru Anda buat tersebut lalu tekan tombol button1. Nanti pada saat sistem melakukan proses perulangan, cursor mouse akan berubah menjadi gambar bulat yang sedang berputar yang menandakan bahwa proses perulangan sedang berjalan seperti pada gambar berikut.


Nah seperti itulah cara bagaimana merubah tampilan cursor mouse di vb.net pada saat sistem meload data yang banyak, semoga tutorial vb.net ini dapat membantu pembaca setia virdane.blogspot.com yang sedang membuat sebuah sistem, sampai jumpa di tutorial belajar visual basic.net lainnya ya.

No comments:

Post a Comment