Update Data Di VB.Net Dan MySQL.

Sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai bagaimana cara melakukan update data dari aplikasi vb.net yang sedang dibuat ke database MySQL. Jika pada kesempatan sebelumnya kita sudah belajar mengenai cara input data siswa, menampilkan data dari MySQL ke DataGridView dan juga menampilkan data dari DataGridView pada saat di klik ke textbox, kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana melakukan update atau ubah data pada aplikasi siswa yang sedang kita buat tersebut.

Buka lagi project siswa di VB.Net, jika pembaca belum mengikuti tutorial ini dari awal, silahkan ikuti dulu tutorialnya dari awal ya biar gak bingung.
Untuk melakukan update data siswa, data siswa sebelumnya harus sudah ditampilkan terlebih dahulu di textbox, jadi prosesnya pilih data siswa yang ditampilkan di DGVSiswa, klik salah satu siswa yang ingin diubah datanya, nanti data siswa tersebut akan ditampilkan di textbox. Nah data siswa tersebut lah yang akan diupdate datanya.

Jika project sudah terbuka, buat sebuah subroutine baru dengan nama updateSiswa. Lalu masukan perintah seperti berikut ini :



Sub updateSiswa()

        Try

            Call koneksi()

            Dim str As String

            str = "Update siswa set NAMA = '" & txtNama.Text & "', NOTELP = '" & txtNoTelp.Text & "', ALAMAT = '" & rtbAlamat.Text & "' where NIP = '" & txtNip.Text & "'"

            cmd = New MySqlCommand(str, conn)

            cmd.ExecuteNonQuery()

            MessageBox.Show("Update Data Siswa Berhasil Dilakukan.")



        Catch ex As Exception

            MessageBox.Show("Update data siswa gagal dilakukan")

        End Try

    End Sub


Jika subroutine tersebut sudah dibuat, sekarang tinggal panggil subroutine updateSiswa tersebut pada saat tombol ubah di klik, perintahnya seperti berikut ini :


Private Sub btnUbah_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnUbah.Click

        Call updateSiswa()

    End Sub


Sekarang  coba jalankan programnya, lalu pilih salah satu data siswa yang ingin di update atau ubah datanya, lalu klik tombol ubah. Jika sukses, aplikasi akan menampilkan informasi bahwa data siswa telah berhasil di ubah, jika gagal juga akan keluar informasi bahwa data siswa gagal diubah.



Seperti itulah cara bagaimana melakukan proses ubah atau update data dari aplikasi yang di buat di VB.Net ke database yang ada di MySQL. Semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian, sampai bertemu di kesempatan selanjutnya ya.

No comments:

Post a Comment