Event Tombol Enter Pada TextBox

Event Tombol Enter Pada TextBox.

Oke kali ini saya akan sharing lagi mengenai tips and trick di vb.net, kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat event tombol enter pada textbox di vb.net agar pada saat user menekan tombol enter di keyboard, focus text akan pindah ke textbox lainnya.

Buat sebuah project baru, tambahkan 3 buah label, 2 buah TextBox dan sebuah RichTextBox.
Ubah Name pada properties textbox1 dan textbox2 menjadi txtNama dan txtKelas. Ubah juga properties Name RichTextBox1 menjadi rtbAlamat.

Lihat tampilannya seperti gambar dibawah ini :

Event Tombol Enter di TextBox
Sekarang masuk ke tab event yang ada di samping tab properties lalu klik 2 kali pada bagian KeyPress seperti pada gambar berikut ini :

Event Tombol Enter di TextBox

Selanjutnya masukan perintah berikut ini untuk memindahkan focus ke txtKelas setelah user menekan tombol enter :


Private Sub txtNama_KeyPress(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles txtNama.KeyPress

        If (e.KeyChar = Chr(13)) Then

            txtKelas.Focus()

        End If

    End Sub

Tambahkan juga event KeyPress tersebut di txtKelas agar pada saat user menekan tombol enter focus yang sebelumnya ada di txtKelas pindah ke rtbAlamat. Masukan perintahnya seperti berikut ini :


Private Sub txtKelas_KeyPress(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles txtKelas.KeyPress

        If (e.KeyChar = Chr(13)) Then

            rtbAlamat.Focus()

        End If

    End Sub

Sekarang coba jalankan programnya, masukan nama lalu tekan enter maka focus akan berpindah ke txtalamat, masukan alamat lalu tekan enter nanti focus akan berpindah ke rtbAlamat.

Seperti itulah cara memanfaatkan event keypress dengan menggunakan tombol enter di keyboar, cara ini juga bisa pembaca gunakan untuk memanggil subroutine atau hal lainnya. Sampai jumpa pada tutorial mengenai vb.net selanjutnya.

No comments:

Post a Comment