Memasukan Angka Saja Di TextBox VB.Net

Memasukan Angka Saja Di TextBox VB.Net

Adakalanya saat membuat sebuah aplikasi kita membutuhkan sebuah input berupa angka, misalnya input yang digunakan untuk memasukan nomor telepon, harga barang, biaya dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini saya akan coba share bagaimana caranya agar Textbox yang ada pada vb.net hanya dapat menerima input berupa angka saja. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin dilakukan oleh user.

Buat sebuah project baru untuk mempraktekan bagaimana caranya agar textbox hanya dapat menerima input berupa angka saja dan tidak dapat menerima input selain angka. Lalu tambahkan 2 buah textbox dan 2 buah label kedalam project tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut ini :



Selanjutnya pada textbox pertama masukan code berikut ini pada event keypress :

Private Sub TextBox1_KeyPress(sender As Object, e As KeyPressEventArgs) Handles TextBox1.KeyPress

        If Not ((e.KeyChar >= "0" And e.KeyChar <= "9") Or e.KeyChar = vbBack) Then e.Handled = True

    End Sub

Maksud dari code diatas adalah kita memberikan perintah agar textbox1 memiliki batasan agar hanya dapat menerima input berupa angka saja, jadi selain angka, karakter apapun yang diinput kedalam textbox1 tidak akan muncul. Sekarang silahkan anda coba jalankan programnya.


Setelah dijalankan, textbox1 hanya dapat menerima input berupa angka saja, sedangkan textbox2 karena tidak memiliki filter untuk memasukan angka saja di textboxtnya maka dapat memasukan angka dan juga karakter lainnya.

Semoga tutorial mengenai cara memasukan angka saja di textbox vb.net dapat membantu para pembaca sekalian.

No comments:

Post a Comment